Beranda > Informasi Umum > Media Jejaring Sosial (Public Relation Masa Kini)

Media Jejaring Sosial (Public Relation Masa Kini)

Blog ini kami pindahkan ke Http://pelakuukm.blogspot.com.

Silahkan kunjungi blog baru kami dan simak berbagai artikel terbaru serta informasi lainnya menyangkut kegiatan usaha kecil menengah di Indonesia

Komunikasi. Di era sekarang, komunikasi menjadi sangat penting. Jauh lebih berperan dalam menentukan pemenang pada setiap aspek usaha. Pergeseran-pergeseran standar pada beberapa segi dalam bidang usaha seiring pesatnya teknologi membuat para pelaku usaha dituntut untuk terus melakukan inovasi dengan lebih cepat dibanding masa-masa sebelumnya.

Jika sebelumnya media surat menyurat menjadi begitu adidaya menguasai lini telekomunikasi selama beberapa ratus tahun, era itu kemudian bergeser ketika pertama kali ditemukan telepon. Hampir disetiap jenis usaha, piranti telepon adalah sebuah alat wajib untuk mempermudah komunikasi. Tapi semua itu juga punya masa jaya, lalu beralih pada hal lain yang lebih canggih ketika internet mulai dikenal masyarakat.

Sekarang ini penetrasi pasar tidak bisa lagi dilakukan dengan cara-cara lama. Promo-promo harus dilakukan menggunakan metode baru yang kreatif. Harus kita akui, sekarang adalah era internet. Jadi jika kita ingin survive, mau tidak mau kita juga harus menguasai dunia maya. Terlebih sekarang internet sudah bisa dinikmati hampir disetiap rumah di Indonesia, artinya dengan menguasai dunia maya, kita bisa melakukan penetrasi pasar kesetiap rumah, langsung, tanpa kita harus mengeluarkan tenaga ekstra. Hal ini bisa dilakukan, karena kita tidak hadir secara fisik, namun hanya berupa informasi di internet, dan informasi yang kita posting bisa diakses oleh calon pelanggan.

Pada dunia maya, ternyata juga punya masa kejayaan masing-masing. Jika dulu situs-situs resmi dibuat sebagai kantor virtual, begitu resmi, kaku. Super formal. Sekarang paradigma itu sudah lama ditinggalkan. Orang-orang sekarang tidak lagi tahan dengan yang serba formal. Orang-orang sekarang lebih suka berinteraksi langsung dengan “manusia”, buka cuma sekedar mensin penjawab telepon. Buktinya? Banyak..

Dari sekian banyak situs yang beredar di internet, situs apa yang paling sering dikunjungi? Yup. Jawabannya sudah pasti situs jejaring sosial. Situs-situs ini adalah rajanya internet. Situs ini bisa sukses karena secara langsung telah memenuhi salah satu kebutuhan utama kita sebagai makhluk sosial, yakni untuk saling berkomunikasi. Jutaan orang terhubung lewat media sosial ini. Mereka bisa berinteraksi langsung dengan orang lain secara “langsung”. Ini yang menjadi kunci sukses.

Jejaring sosial menjadi begitu sukses menghapus semua dinding jarak antar tiap individu, termasuk antara produsen, distributor serta konsumen. Kesuksesan para pelaku usaha yang aktif memanfaatkan jejaring sosial sebagai salah satu media usaha sudah banyak kita dengar ataupun kita baca. Ada cerita sukses dari produk KERIPIK MA ICIH, KERIPIK KARUHUN, BROWNIES AMANDA, dll. Mereka adalah brand yang tumbuh pesat lewat media jejaring sosial.

Salah satu kunci sukses penggunaan media jejaring sosial dalam sebuah usaha adalah komunikasi. Berbeda dengan situs internet biasa yang terkesan kaku dan penyampaian informasi produk sama sekali tidak menggunakan komunikasi dua arah, situs jejaring sosial memungkinkan kosumen untuk berinteraksi secara langsung dengan admin akun perusahaan bersangkutan secara real time. Jadi seperti percakapan langsung antara pemilik usaha dengan konsumen. Tanpa batas jarak dan formalitas. “Saya malah kadang pernah juga melayani pembeli secara online ketika saya sedang beraktifitas dengan keluarga dirumah” ujar salah satu kawan lama yang sekarang sukses menjalankan usaha distro di Bandung.

“Caranya gampang kok, ga ribet. Kan ini bukan kantor, jadi komunikasi sama pelanggan itu ya seperti obrolan biasa aja. Saya malah sangat menghindari bahasa formal atau penetrasi berlebihan. Ngalir aja. Kita juga kalo di mall kadang suka risih kalo didatangi salesman/women yang nawarin barang terus maksa. Di jejaring internet juga sama. Kita jangan memaksa. Posting kalo bisa berupa bahasa sharing, bukan penawaran. Saya jamin, akun penjual yang isinya cuma foto produk dan nomer telepon itu ga akan dilirik konsumen” tambahnya lagi.

Banyak sekali orang-orang yang sekarang telah beralih pada media jejaring sosial untuk memperkenalkan dirinya, dengan berbagai latar belakang alasan tentunya. Ada yang memanfaatkan untuk kepentingan politik (karena bahkan sekarang Presiden juga ternyata memiliki akun resmi di Twitter), eksistensi, ekonomi, sosial, dll. Ketika sekarang semua orang beralih pada jejaring sosial untuk kebutuhan komunikasi, lalu anda merasa usaha anda tertinggal dari segi komunikasi serta promo pada masyarakat sebagai konsumen anda, mungkin ini saatnya anda melirik jejaring sosial.

Pelaksanaannya tidak serumit yang anda bayangkan jika sudah terjun ke dunia maya. Jika ternyata anda memang memiliki jadwal yang padat sehingga tidak ada waktu untuk mengurusi jejaring sosila usaha anda, sekarang ini sudah banyak sekali tenaga-tenaga freelance yang bisa anda sewa untuk mengurusi akun jejaring sosial perusahaan anda. Mudah bukan?

Mengenai tips seputar penerapan media jejaring sosial sebagai media usaha bisa di baca pada artikel kami mendatangđŸ™‚

Kategori:Informasi Umum
  1. Sahidin
    Oktober 8, 2013 pukul 10:04 pm

    Terimakasih. Ini referensi yg bagus untuk teman2 kampus sy terkhusus konsentrasi PR.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: