Beranda > Hobbies, Informasi Umum > Blog = Mesin Uang

Blog = Mesin Uang

Blog ini kami pindahkan ke Http://pelakuukm.blogspot.com.

Silahkan kunjungi blog baru kami dan simak berbagai artikel terbaru serta informasi lainnya menyangkut kegiatan usaha kecil menengah di Indonesia

Artikel ini sebenarnya saya ragu untuk postingkan, karena mungkin ini bukan termasuk salah satu kegiatan UKM. Tapi pada sisi lain juga bisa menghasilkan peghasilan tambahan serta bisa dilakukan oleh siapa saja pada waktu luang, jadi akhirnya terbitlah posting ini.

Kita semua tahu apa itu internet. Sebagian besar mengenal internet melalui berbagai media sosial yang sekarang ini memang sudah sangat memasyarakat. Seiring berkembanganya tren penggunaan internet ini, telah banyak sekali orang-orang yang menemukan berbagai kemudahan didalamnya. Terlebih dengan semakin banyak produk-produk gadget dengan harga terjangkau yang bisa telah memiliki fasilitas fitur yang mendukung penggunanya untuk bisa ber-internet, sehingga kini ber-internet bisa di lakukan hampir dimana saja serta kapan saja. Berbagai informasi bisa di dapat dari media bernama internet dengan mudah.

Namun belum banyak orang yang menyadari bahwa internet bukan hanya bisa memberikan informasi apa saja yang kita cari, melainkan juga bisa menjadi sumber income yang sangat menjanjikan. Salah-satunya dengan melakukan aktivitas blogging.

Seiring dengan semakin banyaknya pengguna internet, beberapa tahun ini nampak ada perubahan dari segi pemasaran berbagai produk dari berbagai jenis serta bidang usaha. Tren internet seakan menjadi barometer sebuah perusahaan. Maka bermunculan banyak sekali portal jual-beli yang menyediakan informasi-informasi berbagai produk yang di jual oleh para pemilik akun di portal jual-beli tersebut. Namun perkembangan pasar menuntut perusahaan-perusahaan untuk mencari metode lain untuk memasarkan produk mereka. Konsumen tidak lagi tertarik dengan direct selling yang isinya melulu produk dagangan.

Dari beberapa sumber yang saya dapat, aktivitas blogging sekarang ini dinilai lebih mengena. Para blogger-blogger ini, terlebih yang sudah mempunyai traffic page view yang tinggi biasanya memiliki semacam fan base yang loyal. Para blogger inilah yang sekarang ini dibidik oleh para pengusaha untuk memasarkan produk mereka.

Namun bukan sebarang blogger yang bisa mendapat penghasilan dari aktivitas mereka. Biasanya para blogger yang memenuhi syarat adalah para blogger yang rata-rata sudah memiliki traffic page view sekitar 5000 – 10.000 page viewer/bulan. Bagi sebagian orang mungkin ini dirasa sangat sulit, karena untuk mendapatkan jumlah viewer hingga minimal 5000/orang bukan perkerjaan mudah. Yah, memang ini adalah sebuah payback atas sebuah kerja keras para blogger. Semua kembali pada seberapa sering dan seberapa besar komitment para blogger bersangkutan untuk memperkaya konten blog mereka, sehingga bisa memperbesar kemungkinan para viewer menemukan mereka melalui berbagai search engine.

Tapi sekarang juga ada situs advertising yang tidak lagi membatasi minimal page viewer bagi para blogger pemula. Blogger pemula ini bisa langsung mencantumkan link iklan di blog mereka untuk mendapat komisi dari advertising ini. Biasanya komisi diberikan per-click. Jadi untuk setiap klik yang merujuk pada link iklan yang dicantumkan, maka blogger berhak mendapatkan komisi yang biasanya ditransferkan langsung ke rekening bank blogger yang bersangkutan.

Sebuah peluang yang menjanjikan dari aktivitas yang bisa dibilang sebagai hobi bukan? Tanpa terasa, dengan menulis blog sebagai hobby ternyata bisa menambah penghasilan. Bahkan banyak blogger yang menjadikan aktivitas blog mereka sebagai mata pencaharian utama mereka.

Blog Yang Disukai

Lalu bagaimana caranya untuk meningkatkan traffic page viewer dari blog yang kita miliki? Memahami ini, mari kita memahami diri kita terlebih dulu. Mari kita bertanya pada diri kita sendiri. Apa yang kita cari ketika berselancar di dunia maya? Yup. Informasi. Semua orang mencari informasi di internet. Semakin blog kita berisikan banyak informasi, maka besar kemungkinan jumlah page viewer akan meningkat.

Saat ini aktivitas blogging bagi sebagian besar orang hanya berfungsi sebagai catatan pribadi, penyimpan album keluarga, dan berbagai fungsi pribadi lainnya.

Jika kita ingin agar blog kita bisa menghasilkan uang, maka kita harus mampu menyajikan informasi kepada calon pembaca. Itu kuncinya, dan hanya itu satu-satunya cara yang saya sarankan. Memang bisa juga kita melakukan copy paste dari blog lain. Namun cara ini bisa menjatuhkan kredibilitas blog yang kita asuh. Pada awalnya mungkin bisa menarik banyak pengunjung, namun seiring waktu akhirnya kita mulai jenuh melakukan copy paste, dan pengunjung juga sudah jenuh dengan konten yang berisi materi copas.

“Sebenarnya yang menarik dari blogging itu adalah tuntutan pada diri kita sendiri untuk memahami potensi diri lalu memperdalamnya.” menurut salah satu kawan-kawan blogger saya. “Sebenarnya sama saja dengan menulis jurnal harian, tapi isinya lebih fokus pada satu bidang. Beda dengan catatan pribadi yang isinya lebih personal, jurnal harian ini membahas hal-hal yang saya kuasai, dan setiap  hari saya dipaksa untuk terus memperbarui pengetahuan saya” lanjutnya.

Yup. Blog yang lebih terarah memang mengandung lebih banyak informasi. Misalnya kita sangat menyukai dunia kuliner. Kita bisa menjadikan kuliner menjadi tema utama blog yang kita asuh. Konten semacam menu masakan, tips memasak, referensi tempat kuliner, dll. “Saya ga pernah ngerasa ini sebagai pekerjaan. Saya lebih merasa saya cuma menjalankan hobi, cuma bedanya saya dibayar untuk menjalankan hobi saya” sambil tertawa lepas..

So, tertarik untuk menjadi blogger?

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: