Beranda > Jasa > Event Organizer Musik?

Event Organizer Musik?

Blog ini kami pindahkan ke Http://pelakuukm.blogspot.com.

Silahkan kunjungi blog baru kami dan simak berbagai artikel terbaru serta informasi lainnya menyangkut kegiatan usaha kecil menengah di Indonesia

Pengaruh demam musik Korea, atau kerennya Korean Pop yang melanda masyarakat Indonesia, khususnya remaja membuat jasa event organizer (EO) kebanjiran proyek. Karenanya juga, bisnis EO ini juga makin diminati, karena kondisi ini banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan untuk membuat event yang menarik untuk masyarakat. Seperti kalangan korporat yang ingin memperkenalkan produknya lewat event musik.

Dunia entertainment, khususnya musik memang menjanjikan. Setiap acara musik, apalagi jika mendatangkan artis-artis ternama pasti akan mendatangkan pengunjung yang tidak sedikit. Tak heran jika event tersebut juga menjadi sarana promosi terutama oleh kalangan korporat maupun spnsor event tersebut. Untuk membuat konser musik berjalan lancar dan sukses juga dibutuhkan jasa EO yang semakin menggurita beberapa tahun terakhir ini. Dalam menawarkan jasanya, kabanyakan EO tidak membuat spesifikasi pelayanannya, dan ada juga yang justru fokus mengurus satu jenis event, salah satunya musik saja. Dari beragam jasa yang di tangani EO, saat ini yang sedang berkibar adalah penyelenggaran EO di bidang hiburan musik.

Untuk mengawali usaha EO, enaknya tak per;u modal besar. Dengan modal minim sekalipun, pelaku usaha bisa mengerjakan sebuah proyek.

Dalam hal ini, keberhasilan membuat sebuah acara diperngaruhi oleh team work yang baik dan solid. Karenanya, dalam merekrut team work baiknya yang sudah berpengalaman di bidang EO, minimal pernah menjadi freelance dalam sebuah EO. Karena dengan menggunakan karyawan yang sudah pernah bergelut di bidang EO, sudah pasti mereka sudah punya jiwa mengelola acara dengan baik.

SISTEM

Ada banyak sistem kerja yang biasa di gunakan. Diantaranya sistem kerja full, dengan menangani segala keperluan acara dari yang kecil sampai yang besar. Yang lain adalah hanya dengan membuat konsep dan eksekusi konsep acara dari awal hingga akhir, sedangkan masalah sponsor, promosi, dan penjualan tiket ditanggung sepenuhnya oleh klien.

Setiap sistem pastinya punya kelebihan juga kekurangan masing-masing. Pada sistem kerja full, biaya jasa EO yang ditentukan kepada klien memang kecil, karena pihak EO bisa mencari sendiri dan bisa meraih keuntungan dari sana. Sedangkan sistem konsep acara dari awal hingga akhir hanya mendapatkan keuntungan dari tarif event yang di tentukan kepada klien saja

PUNYA BANYAK RELASI

Tidak bisa dipungkiri, usaha EO merupakan usaha yang sangat bergantung pada kepercayaan pelanggan. Karenanya, para pelaku yang menjalankan usaha EO harus pintar-pintar mencari dan menjaga relasi yang merupakan aset usahanya. Hal ini karena dukungan relasi bisnis, baik klien maupun sponsor merupakan kunci sukses atau tidak-nya acara yang diselenggarakan.

Bagi para pemula, relasi bisa dibangun saat mengerjakan event, sehingga jalinan bisnis bisa terbentuk dengan sendirinya. Menggaet relasi memang bukan pekerjaan mudah. Ada beberapa faktor yang membuat klien dan sponsor tertarik pada sebuah jasa EO. Tahapan awal adalah pembuatan proposal kerja sama yang menarik. Untuk bisa menggaet sponsor, pengusaha EO juga harus mencari sponsor yang memahami pasar. Sejauh ini perusahaan rokok yang paling sering mensponsori acara konser musik. Tapi bukan berarti semua perusahaan rokok mau mengeluarkan uang untuk mendukung acara Eo tersebut. Setiap artis mempunya segmen pasar tersendiri, sehingga harus dicari sponsor yang memiliki segmen yang sama. Pihak sponsor hanya mau keluar uang jika target pasarnya tercapai. Yaitu berapa besar uang yang dikeluarkan, dan berapa banyak iklan yang dilihat orang yang menjadi sasaran pasarnya.

Selain memiliki jaringan relasi klien dan sponsor, sebaiknya pelaku usaha juga memiliki hubungan relasi dengan penyedia peralatan, seperti sound system, pangung, hingga penyedia jasa keamanan. Dengan begitu, sudah pasti pelaku usaha akan mendapatkan harga spesial dalam penyewaan barang.

Intinya, untuk menjalani usaha EO sebaiknya diawali dengan membuka jaringan relasi yang baik, sehingga mampu membantu segala persoalan yang ada di kemudian hari dalam hal pengerjaan sebuah poyek.

STRATEGI PEMASARAN

Untuk memperkenalkan jasa EO-nya pertama kali, pelaku usaha bisa melakukan banyak cara. Salah satunya internet, iklan media massa, dll. Namun promosi yang paling ampuh dalam bisnis EO ini adalah melalui rekomendari dari klien yang pernah menggunakan jasanya, karena bisis EO ini merupakan bisnis yang sangat mengandalkan kepercayaan klien.

Tapi, berhubung bisnis EO ini merupakan bisnis yang sarat kreativitas, pelaku usaha harus lebih memacu dirinya untuk menghasilkan sebuah ide cemerlang. Hal ini di karenakan bisnis EO ini adalah bisnis komunikasi dan hiburan, sehingga kepuasan dan ketertarikan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Kreativitas memang tidak harus selalu orisinil. Mengembangkan sebuah ide yang sudah ada juga bukan sebuah masalah.

Kategori:Jasa
  1. Desember 30, 2014 pukul 9:30 pm

    Artikelnya Bagus bgt!!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: