Beranda > Fashion > Usaha Kostum Karakter

Usaha Kostum Karakter

Blog ini kami pindahkan ke Http://pelakuukm.blogspot.com.

Silahkan kunjungi blog baru kami dan simak berbagai artikel terbaru serta informasi lainnya menyangkut kegiatan usaha kecil menengah di Indonesia

Usaha produk kostum karakter memang sedang menggeliat. dibulan Desember seperti sekarang ini, hadir para pelaku usaha yang membuat kostum-kostum khas Natal seperti Santa Claus, Santarina dan Pit Hitam. Kostum karakter musiman memang akan muncul dipasaran berdasarkan perayaan tertentu. Misalnya di bulan Oktober akan marak kostum-kostum Halloween.

Tidak itu saja, saat inipun banyak kostum yang dibuat berdasarkan tokoh animasi di film maupun komik, yang lebih populer dikenal dengan sebutan cosplay. Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesoris dan rias wajah seperti yang dikenakan dalam tokoh-tokoh dalam film animasi semisal anime, manga, manhwa, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun, terutama yang berasal dari negeri Sakura Jepang.

Pelaku atau pengguna kontum cosplay disebut cosplayer, dikalangan penggemar cosplayer juga disingkat sebagai layer. Kostum cosplay ini kini sedang menjadi tren di kawasan Asia, dan mulai merambah ke Indonesia.

Ikuti Tren

Usaha apapun harus mengikuti apapun yang berkembang di pasaran. Karena ini merupakan salah satu cara agar tetap survive dan bisa memenangkan pasar. Pelaku usaha harus melihat dan memantau kostum karakter seperti apa yang disukai publik. Perilaku konsumen Indonesia yang cenderung cepat bosan dan selalu ingin mengikuti tern terbaru harus menjadi perhatian penting. Tren ini biasanya banyak dipengaruhi oleh tokoh-tokoh idola yang bermunculan di televisi dan buku cerita. Misalnya saat sekarang booming cerita Upin Ipin, maka jika anda membuat kostum tokoh cerita Upin I[in , pasti akan laku.

Strategi Pemasaran

Agar produk bisa masuk ke pasaran, sebaiknya Anda melakukan promosi yang tepat, murah dan efektif. Salah satu media promosi yang efektif adalah melalui bazar dan pameran, karena melalui pameran biasanya akan bertemu dengan calon konsumen yang berpotensi membeli produk yang dijual. Tidak hanya end user, pameran bisa menjadi media yang tepat untuk memperluas pasar dengan bertemu para pedagang yang ingin menjual kembali produk yang Anda buat.

Namun bagi seorang pemula dalam usaha ini sebaiknya mengadakan promosi dengan men-display produk di beberapa tempat, seperti toko-toko yang cocok untuk menjual produk tersebut, misalnya di toko fashion dan toko mainan. Dengan cra men-display produk di beberapa outlet, dari situ akan mendapatkan masukan, apakah tema yang di produksi disukai konsumen atau tidak.

Anda harus memperhatikan kualitas bahan yang digunakan untuk membuat aneka kostum. Bisa menggunakan bahan kain satin, tisu, dan jenis katun. Kain satin dan tisu banyak digunakan untuk membuat kostum jubah dan gaun seperti helloween dan cleopatra. Kain jenis satin digunakan untuk menunjukkan kesan warna yang kuat, mengkilat, elegan, namun tetap ringan jika digunakan. Harga bahan kain satin lebih mahal dibandingkan dengan kain jenis polyerster.

Bisa Dipelajari

Usaha produksi kostum karakter memang  membutuhkan keterampilan. Namun hal itu bisa di[elajari. Keterampilan dasar yang dibutuhkan adalah kemampuan menjahit. Agar bisa memiliki keterampilan ini bisa mengikuti kursus yang lamanya hanya 3 bulan dengan biaya sebesar Rp.500 ribu hingga Rp.1,5 juta.

Meskipun tidak memiliki keahlian, namun memiliki cukup uang, Anda juga bisa langsung memulai usaha dengan mencari pekerja yang memiliki keahlian yang dibutuhkan, atau juga bisa dengan cara maklon. Dengan mengggunakan jasa maklon, Anda bisa lebih fokus pada bagaimana memasarkan produk. Walaupun demikian, Anda tetap membuat pola dan memperhatikan detail jahitan agat konsumen puas.

Kunci utama dalam usaha ini adalah Anda rajin mengamati film atau buku cerita yang sedang booming. Diluar mengikuti produk yang sedang tren, Anda juga harus sesegera mungkin mengeluarkan produk baru, karena jika sudah booming maka produk Anda sudah tidak eksklusif lagi. Begitu sudah menjadi produk masal, maka harganya tidak bisa setinggi waktu Anda menjadi pendahulunya.

Hmmm… layak dicoba nih…

  1. Ivonne Pondaaga
    Januari 6, 2014 pukul 2:41 pm

    Dimana bisa kursus menjahit kostum? saya Ivonne

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: