Beranda > Fashion, Kebutuhan Umum > Usaha Jualan Hp China

Usaha Jualan Hp China

Blog ini kami pindahkan ke Http://pelakuukm.blogspot.com.

Silahkan kunjungi blog baru kami dan simak berbagai artikel terbaru serta informasi lainnya menyangkut kegiatan usaha kecil menengah di Indonesia

Dua tahun terakhir ini handphone asal china mengalami puncak popularitasnya. Sebut saja merek Vitell, SKY, Beyond, Taxco, dan Nexian. Merek yang disebut terakhir bahkan melakukan promosi gencar dengan menggunakan artis papan atas tanah air sebagai brand ambassador-nya.

Berdasarkan data dari Asosiasi Telekomunikasi Selular Indonesia, pasar Indonesia termasuk paling pesat perkembangannya dalam penggunaan telekomunikasi. Indonesia berada pada tingkat ke-3 terbesar di Asia setelah Cina dan India. Bahkan saat ini pengguna handphone di Indonesia mencapai 180 juta orang, atau sekitar 60% dari total penduduk Indonesia. Khusus handphone Cina, geliatnya cukup signifikan. Saat ini pengguna handphone Cina mengalami peningkatan dari 30 juta unit menjadi 35-45 juta di tahun 2010. Itu berarti mengalami peningkatan antara 20% hingga 50%.

Pasar Daerah Menjanjikan

Usaha pruduk handphone tidak hanya meriah di kota-kota besar, tapi makin menancapkan peluang yang menjanjikan di daerah. Hal ini karena makin meleknya masyarakat akan alat komunikasi. Apalagi handphone Cina yang menawarkan harga yang murah dengan fitur yang lengkap. Handphone Cina menarik karena menawarkan fasilitas yang cukup lengkap seperti TV, Mp3, radi, kamera, dan fasilitas lainnya namun mematok harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan merek keluaran Eropa.

Pertumbuhan ekonomi di daerah yang menggeliat membawa pengaruh pada tingkat konsumsi masyarakat. apalagi untuk prospeknya ke depan, bisnis handphone di daerah lebih menjanjikan dibandingkan dengan perkotaan mengingat masih belum ketatnya persaingan penjualan handphone di daerah meskipun pemakainya sudah sangat banyak.

Strategi Marketing

Teknik marketing untuk penjualan handphone dibagi menjadi tiga kelompok distribusi. Pertama, toko tradisional, yakni toko umum yang menjual semua keperluan handphone, mulai dari pulsa, aksesoris, sampai aneka merek handphone. Kedua, toko eksklusif, yaitu toko moderen yang hanya menjual handphone bermerek dan aksesoris original. Ketiga, distribusi alternatif, yaitu bentuknya berupa multilevel marketing, door to door, dan melalui penawaran lewat kartu kredit. Namun dari semua jalur distribusi tersebut yang umumnya banyak dicari pembeli adalah toko tradisional.

Setelah anda memiliki toko/kios usaha sendiri, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Pertama-tama tentunya perlu lakukan promosi keliling dengan jangkauan radius 1 km, untuk menyatakan keberadaan kios Anda antara lain mealui penyebaran brosur yang memuat nama kios, alamat, nomer telpon, produk yang dijual, serta layanan jasa yang diberikan, dan yang terpenting harus memuat penawaran khusus (contoh: ada diskon, harga murah, dapat hadiah untuk pembelian dengan jumlah tertentu dalam 1 bulan, stok tersedia, layanan antar, dan lainnya)

Penawaran dewasa ini biasanya menonjolkan harga produk yang bersaing, kemudian produk yang dijual juga harus memiliki nilai tambah, seperti hadiah dan pelayanan SDM yang profesional. Untuk anda yang memilih area atau lokasi usaha yang dimana kios seluler anda sudah menjamur menjual produk yang sama, Anda perlu membangun komunitas pelanggan agar pelanggan menjadi loyal. Ciptakan kedekatan pribadi dengan konsumen dan ciptakan “member get member” atau pemasaran “dari mulut ke mulut”. Tidak perlu mengambil untung banyak, asal permintaan meningkat, maka omset yang diperoleh pasti banyak.

Lokasi Usaha

Hal lain yang harus diperhatikan selain pemasaran terencana, calon penjual juga harus memperhatikan lokasi usaha sebagai kunci sukses berbisnis handphone. Salah satu tempat yang mampu mendongkrak penjualan adalah mall atau pusat perbelanjaan. Alasannya karena orang yang datang ke pusat perbelanjaan ini bertujuan untuk berbelanja dan mencari barang kebutuhannya. Jika kios di mall, maka posisi kios yang berada di jalan masuk atau dekat eskalator memudahkan orang untuk meihat lokasi kios. Selain di mall, beberapa tempat strategis lain yang bisa dipilih diantaranya adalah di perempatan jalan dimana 80% orang yang melintas adalah pejalan kaki, atau bisa juga di tempat naik/turunnya kendaraan serta di mulut gang perumahan.

Selain itu, pilih saat yang tepat ketika Anda akan membuka usaha penjualan handphone, misalnya menjelang lebaran, liburan sekolah, karena pada masa itu penjualan akan naik luar biasa, bahkan bisa mencapai 100%.

Tips Untuk Pemula

Bagi anda yang ingin terjun di usaha penjualan handphone murah sebaiknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, faktor harga sangat menentukan. Untuk itu pilihlah vendor handphone murah yang benar-benar memberikan harga murah, sehingga bisa memperoleh keuntungan yang lumayan besar. Kedua, harus menyediakan fasilitas after sale atau layanan purna jual. Ini sangat penting, dikarenakan servis handphone murah tentu kualitasnya berbeda dengan handphone mahal. Biasanya pelaku usaha handphone murah memperhatikan produk saja namun mengabaikan after sale service. Ketiga, pedagang servis harus memiliki pengetahuan servis yang bagus atau menyediakan teknisi yang handal di tokonya. Jadi, para pedagang paling tidak harus mengetahui penggunaan dan mampu menerangkan kelebihan fitur yang dimiliki jenis handphone yang dijualnya. Atau jika penjual tidak mengerti, maka hendaknya menyediakan karyawan atau teknisi servis.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: