Beranda > Kebutuhan Umum > Usaha Perlengkapan Musim Hujan

Usaha Perlengkapan Musim Hujan

Blog ini kami pindahkan ke Http://pelakuukm.blogspot.com.

Silahkan kunjungi blog baru kami dan simak berbagai artikel terbaru serta informasi lainnya menyangkut kegiatan usaha kecil menengah di Indonesia

Dimusim hujan seperti sekarang ini ada beberapa perlengkapan perlindungan hujan yang wajib dimiliki. Sebut saja payung, jas hujan ataupun sarung sepatu. Perlengkapan ini menjadi kebutuhan wajib yang harus dimiliki setiap orang. Terutama bagi mereka yang bekerja di lapangan.

Persaingan

Usaha perlengkapan musim hujan ini berprospek cerah. Hal ini karena pelaku usaha yang terjun di usaha ini belum banyak. Kalaupun ada pesaing, itu dari produk-produk Cina saja. Walaupun demikian, produk lokal akan jauh lebih unggul karena memahami kebutuhan dan kemauan pasar. Biasanya produk Cina dibuat dengan desain standar dan seadanya.

Karena itu, untuk menyiasati agar bisa memenangkan pasar, maka para pelaku usaha harus memberikan terobosan berarti agar produk yang dibuat bisa memenangkan pasar. Jika umumnya pembuat jas hujan hanya menggunakan bahan parasut, maka bisa di inovasikan dengan menggabungkan tiga bahan dasar yaitu PVC (polyvinyl coated), parasut, dan taslan. Hal ini membuat jas hujan ini tidak mudah robek dan tidak tembus air, karena kerapatan porinya mencapai 3000 mm, mudah dilipat dan sangat lentur atau fleksibel sehingga sangat nyaman saat dipakai. Bahkan jas hujan yang villager ini tahan zat asam yang berasal dari air hujan dan bahan kimia seperti oli atau kimia lainnya seperti cuka.

Strategi Marketing

Walaupun persaingan usaha ini belum ketat, tapi pelaku usaha harus memiliki strategi khusus agar produk yang dibuat dikenal dan laku dipasaran.Seperti misalnya memasarkan payung sebagai media promo perusahaan-perusahaan besar. Dengan menyasar pasar korporasi membuat omset jauh lebih mudah didulang daripada menjual ritel.

Selain dari jaringan pertemanan, dalam mengenalkan produk juga bisa dilakukan melalui internet. Dengan modal yang tidak besar untuk berpromosi di internet, pelaku usaha ini bisa menjaring klien.

Beberapa strategi marketing yang bisa dilakukan pelaku usaha agar dapat bersaing secara sehat adalah: Pertama, jika Anda pelaku usaha baru dan harus menghadapi pelaku besar yang telah dikenal terlebih dahulu, sebaiknya Anda memperkuat branding (merek) produk yang dibuat. Caranya bisa melalui promosi melalui pameran, menjual produk ke beberapa toko perlengkapan motor, membuka toko sendiri hingga bekerja sama dengan distributor dan agen di daerah. Diperlukan biaya dan waktu yang tak sigkat memang, namun langkah ini yang dilakukan oleh para pelaku usaha baesar.

Jika anda kreatif, bisa saja membuat baju, kemeja, spanduk yang diberikan pada agen, toko, distributor apabila membeli produk yang Anda jual dalam jumlah tertentu. Diharapkan merchandise tersebut digunakan saat berjualan. Langkah lainnya adalah beriklan pada media cetak yang disesuaikan dengan segmentasi yang akan dituju.

Kedua, jika Anda telah memilikibranding yang kuat dan produk tersebar ke beberapa agen, distributor dan toko, anda bisa melakukan strategi yang disebut dengan memecah segmen. Maksudnya Anda membuat dengan merek yang sama namun kualitas dan harga jual yang berbeda. Cara ini terbukti mampu menjaring pasar lebih luas.

Ketiga, buat produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Idealnya Anda membuat produk dengan kualitas safety (keamanan) dengan bahan yang nyaman saat digunakan. Langkah ini cukup mujarap apabila Anda menyasar konsumen kelas menengah atas. Namun sayang, untuk kelas menengah bawah sampai saat ini pertimbangan harga terjangkau masih menjadi prioritas dalam memilih suatu produk. Dengan demikian perlu dipertimbangkan antara harga dan kualitas agar produk yang dibuat tidak hanya terjangkau tapi juga mumpuni.

Perbarui Desain

Walaupun strategi marketing yang jitu telah diterapkan, kualitas produk tetap menjadi nilai utama yang wajib diperhatikan. Mengingat bisnis ini begitu ketat persaingannya, maka agar bisa meraih konsumen diperlukan desain baru yang mengikuti tren. Seperti membuat jas hujan yang tampak lebih feminim model dan warnanya, atau membuat jas hujan karakter khusus pangsa pasar anak-anak.

Tidak hanya itu, perlu juga membuat payung dengan desain-desain khusus yang dibuat customized. Jika memasuki musim hujan, para pelaku usaha harus jeli melihat pasar dengan permintaan perlindungan hujan yang tinggi seperti sarung sepatu anti air dan jaket anti air.

  1. Januari 16, 2014 pukul 4:17 am

    Actually no matter if someone doesn’t know then its up to other users that they will help, so here it happens.

  2. Mei 13, 2014 pukul 2:12 pm

    Hi! This is kind of off topic but I need some guidance from an established blog.
    Is it difficult to set up your own blog? I’m not very techincal but
    I can figure things out pretty fast. I’m thinking about setting
    up my own but I’m not sure where to begin.

    Do you have any ideas or suggestions? Cheers

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: