Beranda > Informasi Umum, Pertanian dan Peternakan > Pestisida Kimia VS Organik

Pestisida Kimia VS Organik

Blog ini kami pindahkan ke Http://pelakuukm.blogspot.com.

Silahkan kunjungi blog baru kami dan simak berbagai artikel terbaru serta informasi lainnya menyangkut kegiatan usaha kecil menengah di Indonesia

Dear Netter, konon Indonesia terkenal dengan “Gemah ripah loh jinawi”, tongkat ditanam jadi pohon, sekarang pohon ditanam jadi tongkat. Dulu petani makmur dan sejahtera, sekarang hasil panen cuma imbang untuk tanam dan biaya pupuk berikutnya. Dulu para petani punya lumbung padi,sekarang masih impor dari negara lain yang notabene 15 tahun yang lalu belajar pada negara kita tercinta Indonesia, dulu para petani cukup mengembalikan unsur hara makro-mikro dengan pupuk kandang/dedaunan, sekarang rata-rata pake yang instan PESTISIDA KIMIA.

Petani mungkin sangat berpengalaman dalam bertani, puluhan tahun turun menurun mereka bertani (walau sekarang turunan terakhir sudah ogah), tetapi jarang yang teliti/titen bahwa perputaran waktu yang sudah amat lama sebetulnya memberi pelajaran esensial yang kadang diabaikan, bahwa konsep bertani banyak yang hanya sekedar ngikut kebanyakan sekelilingnya (atau apa kata PPL). Misal, semprotlah pakai pestisida kimia ini biar ngirit waktu, biar cepat mati, biar cepet tumbuh, biar cepet……….tamat (kiamat).

Kita tidak sadar bahwa ada organisme/binatang-binatang kecil/jasad renik sahabat petani ikut mati kena imbas pestisida kimia tersebut, ada kelompok binatang-binatang kecil yang netral (tidak memihak petani-pun ikut mati), yang semuanya dianggap hama penggangu tanaman (hama penyakit, kutu-kutu-an, ulat, bakteri, jamur dll). Padahal kandungan pestisida kimia sangat sulit terurai pun dalam waktu yang lama (bertahun- tahun; sejenis DDT sampai hari ini belum bisa terurai yang imbasnya menimbulkan penyakit berat). Bahkan menurut hasil penelitian Deptan ada suatu wilayah di Jateng yang masyarakatnya ” Pestisida kimia minded”, terserang penyakit yang sangat mengerikan akibat racun/efek dari penggunaan yang terus menerus (ada kesaksian dalam bentuk vcd). Maka dalam kesempatan ini bila anda semua (siapapun) tertarik ingin mengetahui seperti apa pestisida kimia mampu “membunuh” alam seisinya, dan Pestisida Organik pelan tapi pasti sahabat petani, saya akan kirim vcd ke alamat anda, saya tunggu korespondensinya.

Terimakasih, saya tunggu respon anda semua.. Go organik!! Salam Sutikno.

* Dari buah pemikiran Bapak Sutikno yang peduli dengan pertanian Indonesia. Terima kasih atas tulisannya Pak, semoga bermanfaat.

Tim Info Bisnis UKM : Akan kami muat tulisan dari Pak Sutikno yang lain untuk Anda semua. Tunggu saja.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: